top of page
Search

EBOOK SOLUSI PENYAJIAN MATERI YANG MENYENANGKAN



By Arifnasdianto



Dengan era digital banyak aplikasi yang memudahkan seorang guru , tutor , instruktur membuat kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran. Salah satunya adalah penyajian materi materi yang menyenangkan, tidak membosankan dan mudah membuatnya.


Perjalanan penyajian materi oleh seorang guru, tutor dan instruktur sebelum masa pandemi covid19 , rata rata dengan buku teks atau LKS . Untuk masa pandemi covid19 dan era cyber tentu penyajian semua itu sudah jadul sekali. Dan sangat sulit untuk mendapatkan jika materi tersebut harus diperoleh dengan biaya mahal atau sulitnya ketemu dengan sipembuat buku teks atau LKS yang sesuai dengan materi yang diajarkan oleh pendidik.


Solusi

Banyak cara untuk memberikan materi bisa melalui email, whatsApp, Facebook dalam konteks sesuai dengan aslinya. Tetapi bentuk semacam ini terkadang kurang menarik dan bosan. Hal ini akan menjadikan peserta didik harus minta penjelasan secara tatap muka dengan pendidiknya.


Kejadian mendatangi pendidik atau ke sekolah beramai ramai saat sekarang sudah jelas kurang menguntungkan karena masalah social distancing. Untuk itu yang paling tepat adalah secara virtual atau melalui jarak jauh.


Agar kemasan materi menarik dan tidak membosankan perlu kiranya seorang pendidik mengemas materi dalam tayangan bergerak atau bisa mengunakan vidio book, tayangan materi tersebut dikenal dengan ebook.


Ebook merupakan solusi yang tepat dalam penyajian materi yang tidak membosankan dan sangat menyenakan, apalagi jika lembar perlembar disisipkan musik yang menambah suasana belajar.


Ada beberapa terbitan ebook sejarah dengan gambar gam

bar zaman agresi militêr tentu disisipkan musik semangat perjuangan saat itu. Ada juga gambar gambar binatang disisipkan suara binatang yang ada di gambar tersebut. Melihat uraian di atas , maka pemberian materi ebook bisa juga diterapkan di Pendidikan Anak Usia Dini








55 views0 comments

Σχόλια


Post: Blog2_Post
bottom of page